Kisah Kanit Intelkam Polsek Belopa yang Jualan 'Appang Pella' di UMKM Expo 2022

Realnews16.com,-LUWU – Event Koperasi dan UMKM Expo 2022 Luwu sebagai rangkaian dari peringatan Hari Koperasi Nasional (Hakornas) ke-75 tahun 2022 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Lapangan Andi Djemma, Kel. Senga, Kec. Belopa, Kab. Luwu diramaikan 24 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan.

Event yang mengangkat tema, "Transformasi Koperasi UMKM untuk Pulih Lebih Kuat Dan Bangkit Lebih Cepat" ini berlangsung mulai Sabtu 10 - Senin 12 Desember 2022.

Berbagai kegiatan dilaksanakan, seperti pameran UMKM, Temu Gerakan Koperasi se-Prov. Sul-Sel, Rakor Dinas yang membidangi Koperasi & UKM se-Prov. Sul-Sel, Seminar Perkoperasian dan UMKM serta malam hiburan yang dimeriahkan Artis Ibukota.

Peserta Koperasi dan UMKM Expo 2022 berjumlah 311 Stand yang terdiri Koperasi dan UMKM dari 24 Kabupaten/kota, 22 Stand Kecamatan, sedangkan UMKM Lokal berjumlah 265 Stand yang bergerak di Bidang Kuliner, Sandang, Otomotif, serta Pendidikan dan Keterampilan.

Namun ada yang menarik dari kegiatan tersebut, Salah seorang anggota Polri, Bripka Andi Mardiansa yang merupakan Kanit Intelkam Polsek Belopa turut ambil bagian di Zona Utama UMKM Lokal Luwu. 
 
Dibantu sang istri, ia mengambil salah satu stand dan menjual jajanan kekinian seperti Bakso Bakar, Appang Pella dan sejumlah gorengan lainnya.

Dikaruniai 4 orang anak, ia mengisi waktu luangnya di luar jam dinasnya sebagai aparat dengan menjual Jajanan. Ternyata Usaha tersebut dilakoninya sudah sejak tahun lalu hingga kini (2022-red).

Lalu apa yang mendorong Bripka Andi Mardiansa sehingga mengambil bagian dari event UMKM Expo 2022 Luwu?. Kepada pimpinan media Teropong (TNO), Achmad Kusman saat disambangi di stand jualannya Senin (12/12) mengatakan bahwa usaha yang ia lakoni sebenarnya merupakan usaha sang istri. Seperti dilansir di laman media Teropong (TNO)

“Ini usaha istri saya, yang ia buka sejak tahun lalu (2021-red), di rumah kami ada kedai jadi kami buka setiap hari dan itu kita buka mulai dari pukul 05.00 Wita Subuh. Tetangga yang melaksanakan shalat subuh secara berjama’ah, usai shalat mampir di kedai kami menikmati jualan kami seperti Appang Pella yang merupakan menu favorit kami”.

Menurutnya, warga di sekitar Mesjid Polsek Belopa Kel. Sabe, Kec. Belopa dimana Bripka Andi Mardiansa bersama keluarga kecilnya menetap, ternyata sangat menggemari jualannya. Sehingga ia dan istrinya memutuskan untuk melakoni usaha tersebut hingga kini. Lalu ia tak sengaja mengetahui adanya event besar untuk para UMKM di Luwu yaitu UMKM Expo 2022 Luwu ini, iapun segera ambil bagian dan menyewa salah satu stand untuk menjajakan usahanya.

Saat ditanya apa alasan seorang Bripka Andi Mardiansa sebagai anggota Polri melakukan usaha seperti itu?. Andi Mardiansa-pun seraya menjawab, “Tentunya saya sebagai seorang suami dan seorang ayah dari anak-anak kami harus saling mendukung dalam hal berumah tangga untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Selain itu, saya terlibat langsung membuat dan menjual jajanan kami, namun itu setelah lepas tugas jadi sama sekali tidak menganggu tugas saya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat tentunya, tegas Andi Mardiansa.

Iapun mengembangkan usahanya sambil tetap profesional dan tanggung jawab terhadap pekerjaannya sebagai Kanit Intelkam Polsek Belopa. Demi cita - citanya untuk berwirausaha, ia rela pulang hingga larut malam dan bangun lebih pagi agar bisa membantu sang istri. Menurutnya, tugas menjadi polisi sama sekali tidak memberatkan ia untuk berwirausaha.

"Momen ini juga saya gunakan untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat sekitar. Penyuluhan yang saya berikan terkait keamanan, ketertiban, juga keselamatan berkendara dan masih banyak lagi,". Ungkapnya.

Sambung Mardiansa, “Istri saya hobinya memasak, jadi dia tidak merasa terbebani melakukan semua ini, begitupun saya. Semua ini kami lakukan untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga, dan yang tak kalah pentingnya kami juga memiliki karyawan untuk membantu usaha ini.”.

"Sayapun berangan-angan agar usaha istri saya ini dapat lebih besar lagi, seperti menyewa ruko tempt jualan, dan memiliki banyak karyawan, sehingga usaha kami ini dapat lebih berguna bagi masyarakat sekitar." Kuncinya.

Lalu apa tanggapan Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, SH.,SIK.,M.Si yang mengetahui anggota turut ambil bagian dari event tersebut?. Dikonfirm pimpinan media ini Kamis (12/12/2022), ternyata beliau sangat mengapresiasi Kanit Intelkam Polsek Belopa, Bripka Andi Mardiansa yang turut serta ambil bagian dalam kegiatan K-UMKM Expo 2022 yang diselenggarakan pemerintah Kab. Luwu dalam rangka Harkornas ke-77 tahun 2022. Sebagai upaya pemulihan Ekonomi Nasional pasca pandemi covid-19 dimana kegiatan ini dapat mendorong untuk bangkitnya Koperasi dan UMKM di Sulawesi Selatan secara khusus di Kab. Luwu.

“Atas nama Polri dan saya pribadi sebagai Kapolres Luwu sangat mengapresiasi atas usaha dan upaya yang telah dilakukan salah satu anggota kami yakni Bripka Andi Mardiansa. Saya sebagai pimpinan sangat bangga, apalagi saya dengar menu favoritnya adalah Appang Pella yang merupakan menu khas lokal dan juga banyak yang menyukainya dan dibuat langsung istrinya yang merupakan seorang ibu bhayangkari, jadi saya sangat mengapresiasi hal tersebut” Ungkap AKBP Arisandi.

Tambahnya, “Event K-UMKM Expo 2022 ini menjadi peluang emas bagi UMKM untuk mengembangkan usaha dan memperkenalkannya kepada masyarakat. Kita sepakat dengan apa yang disampaikan Bupati Luwu, bahwa Bumi Sawerigading, adalah Wanua Mappatua Na Ewai Alena” semboyan ini tentunya memiliki makna yang begitu dalam. Sebuah daerah yang mampu menopang dirinya, secara umum Luwu ini daerah yang subur yang jika dimanfaatkan tentu dapat berguna bagi seluruh masyarakatnya” Kunci AKBP Arisandi.(*)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama