Progress pekerjaan Kantor PA Sudah Mencapai 75 % Menuju Tahap Finishing.!!

LUWU--Realnews16.com


Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu tahun 2022 mendatang akan berusia 16 tahun. Meskipun usia Belopa terbilang masih sangat muda, namun di tahun 2022 mendatang akan segera memiliki kantor Pengadilan Agama (PA) kelas II yang megah. 


Hingga akhir Desember 2021 ini progress pembangunannya sudah mencapai 75 %.


Direktur Utama PT Rajasa Tomax Globalindo, H Nawir, kepada Media mengungkapkan, Kantor PA yang dibangun di Kelurahan Sabe Kecamatan Belopa Utara sudah mencapai 75 % dengan pola multi years.



“Kantor ini dibangun diatas lahan seluas 4.683 meter persegi, dengan luas bangunan 2.100 meter persegi. Saat ini sudh memasuki tahap finishing,Kita berupaya pembangunan kantor dengan pola multi years ini rampung di akhir Februari 2022 mendatang sesuai kontrak,” kata H Nawir.


Kemudian awak Media ini menemui Sekretaris Pengadilan Agama (PA) Belopa H.Abdul Aziz, mengkonfirmasi terkait hal tersebut membenarkan, pembangunan PA Kelas II Belopa ini menerapkan pola multi years oleh pihak kontraktor PT Rajasa Tomax Globalindo.


“Kantor PA Belopa ini menerapkan pola multi years akibat adanya refocusing anggaran di lingkup Mahkamah Agung RI, sehingga terjadi pemangkasan anggaran fisik pembangunan beberapa kantor PA di Indonesia, termasuk di Kabupaten Luwu pada awal tahun 2021,” kata Abdul Aziz.


Abdul Aziz mengatakan, hingga menjelang akhir Desember 2021 ini progress pekerjaan sudah mencapai 75 % menuju tahap finishing. Kendati demikian proses pencairan anggaran sudah 80 % dengan uang jaminan di bank sebesar 5 % sebagai syarat pekerjaan.


“Pengawasan pekerjaan fisik oleh Mahkamah Agung RI dilakukan hampir setiap saat lewat zoom meeting. Bahkan proyek pembangunan kantor PA dengan anggaran Rp 18,9 milyar lebih ini sudah di kunjungi Biro Keuangan Mahkamah Agung RI untuk memeriksa dari dekat pekerjaan fisik dan realisasi keuangan,” kata Abdul Aziz.


Mahkamah Agung yang membawahi 910 pengadilan di tanah air memiliki 6 fungsi.


Dalam kaitan fungsi peradilan dan fungsi administratif, Mahkamah Agung melayani masyarakat yang mencari keadilan dengan menyiapkan sarana gedung yang representatif.


Menurutnya, saat berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Talaud-Sulawesi Utara Oktober 2018 lalu, Ketua Mahkamah Agung RI meresmikan operasionalisasi 85 pengadilan baru di Indonesia. Dan untuk menunjang pelayanan, MA membangun 85 unit kantor pengadilan di tanah air yang diharapkan rampung pada tahun 2023. Kantor PA Belopa sendiri ditargetkan rampung tahun 2022.


”Masyarakat Kabupaten Luwu boleh berbangga karena dalam kurun waktu yang hampir bersamaan di bangun 2 kantor pengadilan sekaligus, yaitu kantor Pengadilan Negeri dan kantor Pengadilan Agama,” kata Abdul Aziz.


(*/Basri)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama